Beranda | Artikel
Jujur dalam Perkataan dan Perbuatan - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 24 April 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Kajian oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Pada kajian kali ini Ustadz Abu Ihsan akan membawakan kajian dengan tema “Jujur dalam Perkataan dan Perbuatan“.

Download kajian sebelumnya: “Jujur dalam Niat, Perkataan, dan Perbuatan“.

Ringkasan Kajian: Jujur dalam Perkataan dan Perbuatan

Apabila disebutkan kata “jujur”, pikiran kita langsung tertuju pada ucapan serta perkataan. Sehingga dinyatakan bahwa kejujuran pada ucapan merupakan bentuk kejujuran yang masyhur.

Seorang dikatakan jujur apabila menyatakan kebenaran sesuai dengan fakta yang ada tanpa menambah ataupun menguranginya. Jujur juga bermakna kesesuaian kata hati dengan ucapan. Maka jika salah satunya tidak terpenuhi, ia belum bisa disebut sebagai kejujuran.

Sesungguhnya Allah Ta’ala mengutamakan lisan daripada anggota tubuh yang lainnya. Dia mengangkat derajatnya dengan menjadikannya mampu mengucap kalimat tauhid (syahadat). Karena itu, tidak sepantasnya seorang muslim membiarkan indra yang dimuliakan ini berbohong, apalagi sampai terbiasa dengan salah satu sifat orang munafik tersebut.

Setiap muslim wajib menjaga lisannya agar selalu berkata jujur dan menjauhi dusta, membiasakannya dengan ucapan-ucapan bermanfaat di dunia dan di akhirat.

Simak penjelasan lengkap mengenai “Kejujuran” ini di dalam kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian: Jujur dalam Perkataan dan Perbuatan


Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/26769-jujur-dalam-perkataan-dan-perbuatan-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/